CLICK HERE FOR THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES

Selasa, 17 Juni 2008

Tips

"Dah kepengen banget nih beli komputer. Cuma bingung milihnya. Gimana ya.... ?!" Hmm.. saya mau kasih beberapa tips beli komputer. Semoga bisa bermanfaat buat temen-temen ya..

Biasanya kalo beli komputer, kita terkendala di budget. Karena spesifikasi komputer yang makin hari makin dahsyat, pilihan kita jadi makin sulit. Apalagi kalo gak mudeng soal komputer, duh, bingung aja deh milih yang mana.

Gak usah bingung-bingung. Tips pertama beli komputer, siapkan budget maksimum. Ini adalah satu peraturan yang gak bisa dilanggar. Ya iya dong, walau keinginan setinggi gunung, kalau dana sebatas bukit, ya tetap harus disesuaikan hanya sampai bukit saja.

Tips kedua, kalo udah siapin dana maksimum yang bisa disediakan, selanjutnya adalah tentukan tujuan penggunaan komputer. Mau buat programming, buat video editing, buat ngetik skripsi, buat server, buat maen game, buat punya-punya karena gak enak sama tetangga, atau buat apa.

Tujuan penggunaan ini juga sangat penting, karena akan menentukan spesifikasi periperal yang akan digunakan. Misalnya, kalau untuk video editing, dibutuhkan VGA Card yang keren. Untuk mengolah database oracle, maka RAM lebih dibutuhkan ketimbang VGA.

Tips ketiga, buat spesifikasi sistem yang sesuai dengan budget maksimum kita. Untuk kebutuhan yang lebih tinggi (misal video editing tadi), seharusnya memang budgetnya lebih tinggi. Nah, adakalanya, budget kita ini gak pas alias kurang (kalo kelebihan sih gak usah diomongin, hehe).

Disini, kita harus bersikap bijak. Caelah.. Biasanya, orang akan membeli spesifikasi yang rendah untuk mengejar harga (baca:budget). Saran saya, daripada bertahan dengan budget tapi mendapat spesifikasi yang kurang dahsyat, lebih baik menunda beberapa pekan/bulan untuk nabung dulu agar dapat spesifikasi yang lebih baik.

Tips keempat, kalau emang udah ngebet banget pengen punya komputer tapi dananya kurang, saya bisa menyarankan untuk memilih komponen yang lebih murah (tapi gak murahan lho). Misalnya, Intel Processor E6550 masih stabil banget di harga 1,6 jutaan. Kan cukup tinggi harganya. Nah, kita bisa mengalihkan pilihan ke AMD Athlon64 X2 yang gak kalah garang tapi harganya dah turun banget.

Misalnya lagi, monitor. Niatnya mau mengambil LCD 17" yang seharga 1,7 juta rupiah. Tapi karena budgetnya sudah habis untuk dongkrak abis-abisan isi casing, maka sisanya tinggal 500 rebu. Nah, jangan khawatir, ini masih cukup untuk membeli monitor second.

Untuk periperal lain saya sangat tidak sarankan membeli second. Tapi kalau monitor, bolehlah. Dengan catatan, ada garansi selama beberapa hari (sebulan mungkin ya, buat coba-coba).

Kalo masih bingung juga dengan langkah diatas, lakukan tips kelima. Ajak temen yang ngerti komputer ke mangga dua (untuk yang dijakarta dan sekitarnya). Biar dia yang milihin perangkat yang sesuai buat kita. Jangan lupa, traktir makan setelah itu.
Hehehe...

0 komentar:

ABOUT GLOBAL WARMING

M4p